15 Feb 2016

Tips Merawat Sepatu menurut Jenis Bahannya

Posted by with No comments
Hai Hai !!! Rene balik lagi nih, tapi kali ini agak sedkit berbeda karena Rene bakal nambahin threan Tips and Trick buat kalian semuanya. Anyway Happy Valentine loh! Walaupun tahun ini ga kaya tahun sebelum-sebelumnya, Rene sama sekali ga bikin atau cari coklat, tapi Rene tetap ngucapin deh bagi yang MERAYAKAN! Ceh ileeehhh...
Nah nah, kayaknya pembukaannya cukuplah ya. Okay, lets start!
Sebagai wanita yang lumrahnya adalah suka koleksi sepatu, kadang kita lupa atau malah gatau gimana cara ngerawat si sepatu supaya tetep awet dan bisa long last sama kaki kita. Kan ga cuma pacar ye yang kudu di kasih perhatian, sepatu juga! Nah kali ini Rene bakal coba bagiin buat temen-temen yang juga suka sepatu, atau yang mau mulai rawat sepatunya supaya longlast sampe ke pelaminan #eh AHAHAHA...

Nah kali ini yang bakal Rene share adalah gimana cara ngerawat sepatu menurut BAHAN DARI SEPATUNYA. Secara setiap bahan punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Selain itu punya kebutuhan masing-masing. Sooooo! Check it out!!!

1. Genuine Leather

http://heeyfashion.com
Sepatu dengan bahan kulit memang sangat nyaman di kenakan di kaki kita nih mentemen, dan sepatu berbahan ini juga cenderung membuat kita lebih gaya dan modis. Harganya pun terbilang mahal, karena bahan pembuatnya sendiri dari kulit hewan yang pastinya bakal lebih awet dan bisa bertahan lebih lama. Tapi ngerawatnya juga kudu hati-hati loh, biar sepatu kamu makin awet bukannya malah lebih cepat rusak!
Walaupun sepatu ini sudah cukup awet, namun nggak ada salahnya kan kalau dirawat. Biar makin awet. Sepatu dengan bahan ini kudu kalian letakkin di tempat yang kering supaya ga jamuran, dan jangan sekali-kali meletakkan sepatu berbahan kulit di di tempat yang lebih panas dari temperature ruangan, itu bakalan ngerusak kualitas dari kulit sepatu kamu. Nih cara detail ngerawat sepatu bahan kulit
  • Kalau sepatu kulit kita lagi jarang di pake, simpan aja di dalam plastik rapat , masukkan di dalam kotak yang sudah di beri beberapa silica gel, silica gel ini mampu mengatur kelembaban dan mengurangi kadar air dan juga dapat menjauhkan sepatu anda dari serangga sepeti kecoa, semut dll.
  • Terus Oles Moisturizer pada sepatu agar sepatu tetap lembab dan tidak kering, kamu juga bisa pake handbody kalo kamu ga punya pelembab khusus sepatu. 
  • Nah kalo kamu abis pake sepatu bahan kulit ini , jangan lupa bersihin sepatu tersebut dari kotoran debu dan kotoran lain yang menempel di sepatu. Kita bisa paka air untuk bersihinnya. Dan guys! Jangan sampe ada sisa air nya ya, di lap sampai kering. Jika masih ada air yang tersisa, itu bisa membuat tumbuhnya jamur di sepatu. Hiy! Gamau dong pasti?  
  2.Faux Leather
http://www.jaketbagus.net/
Sepatu berbahan kulit imitasi ini lumayan mudah loh dalam perawatannya. Cukup dilap dengan lap lembut kering saja, tapi jika ada sedikit kotoran membandel bisa digunakan lap agak basah dan sabun yang lembut.Usahakan jangan menggunakan deterjen. Nah kalau memang sepatunya terkena noda atau kotoran yang rada bandel, kamu boleh bersihkan sepatu ini dengan menggunakan sikat lembut. Inget yah, hindari membersihkan dengan dengan menggunkan deterjen dan air, karena dapat merusak bahan sepatu tersebut. Cukup lap sepatu dengan lap yang basah.
  • Jika sudah di bersihkan, segera keringkan sepatu dengan meng angin-anginkannya di tempat yang sejuk dan teduh.
  • Setelah benar-benar kering, simpanlah di dalam kotak sepatu anda yang telah di beri silica gel.
3. Suede

Bahan suede yang lembut ini biasanya diaplikasikan pada sepatu yang jarang digunakan atau digunakan pada kondisi tertentu, misalnya pesta. Agak susah dalam merawat sepatu ini, namun untuk perawatan rutinnya sikat menggunakan sikat yang lembut secara perlahan. Soalnya debu suka bersarang diempuknya permukaan suede.

4. Kanvas
Sepatu dengan bahan kanvas yang diminati masyarakat ini sangat mudah merawatnya. Karena berbahan kuat, sepatu ini awet dan tahan lama meskipun dipakai berkali-kali. Solusi mudah dalam membersihkannya cukup dengan dicuci!
Caranya, : 
  • cuci bersih sepatu tersebut dengan menggunakan deterjen, bilas sampai bersih dan tidak meninggalakan gelembung-gelembung sabun.
  • Setelah selesai di cuci dan bersih dari sabun, jemurlah sepatu tersebut di bawah terik matahari dan angin supaya penegringan sepatu lebih cepat.
  • Jika sepatu tersebut sudah kering angkat dan semprotlah dengan menggunakan bahan antiseptik, kemudian masukkan kembali ke dalam kotak sepatu, jangan lupa beri silica gel yah!!.
5. Plastik
Sepatu yang nyaman digunakan ketika hujan ini cukup simpel dalam merawatnya. Lap bersih dengan kain setengah basah. Dijamin debu dan kotoran akan terhapus.
Dan jangan lupa dalam menyimpannya, usahakan didalam kardus yang disertai Silica Gel. Sebelum dimasukkan kardus, bungkus dulu dengan kertas yang biasanya ada dalam paket pembelian. Fungsi dari kertas ini adalah agar menghalangi debu yang masuk kardus, biar nggak langsung nempel sama sepatunya. Dan silica gel berfungsi menyerap kelembaban, bila tidak ada silica gel bisa diganti dengan naphtalene ball/kapur barus. Selain itu bahan dari kulit lebih baik diangin-anginkan secara periodik.

0 comments:

Posting Komentar